cover
Contact Name
Refni Wahyuni
Contact Email
refniabid@gmail.com
Phone
+6281365563364
Journal Mail Official
anita@htp.ac.id
Editorial Address
Jalan Mustafa Sari No 5 Tangkerang Selatan, Pekanbaru
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
Jurnal Ilmu Komputer
ISSN : 2302710X     EISSN : 25793918     DOI : https://doi.org/10.33060/JIK
Core Subject : Science,
Jurnal Ilmu Komputer adalah jurnal yang dikhususkan untuk penelitian penelitian yang termasuk dalam bidang keilmuan komputer dan informatika. Jurnal Ilmu Komputer dikelola sepenuhnya oleh STMIK Hang Tuah Pekanbaru dan terbit 2 kali dalam setahun pada bulan april dan bulan oktober. Focus and Scope Jurnal Ilmu Komputer adalah jurnal yang dikhususkan untuk penelitian penelitian yang termasuk dalam bidang keilmuan komputer dan informatika. Jurnal Ilmu Komputer dikelola sepenuhnya oleh STMIK Hang Tuah Pekanbaru dan terbit 2 kali dalam setahun pada bulan April dan Oktober
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 11 No 2 (2022): Jurnal Ilmu Komputer" : 11 Documents clear
A APLIKASI PENGOLAHAN NILAI RAPOR KELAS DI SEKOLAH DASAR MASEHI LAIMBONGA BERBASIS WEB: Application, Value Processing, Report Card, Waterfall, Website Rizaldy Adiwanto Melqan Radjah
Jurnal Ilmu Komputer Vol 11 No 2 (2022): Jurnal Ilmu Komputer
Publisher : STMIK Hang Tuah Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33060/JIK/2022/Vol11.Iss2.248

Abstract

SD Masehi Laimbonga in processing the final score of the report card takes a long time in the value processing process so that there is a delay in reporting because many assessment criteria are determined. The purpose of this research is to assist teachers in accelerating the value processing process so as to produce digital student report cards. The research method used is the waterfall model starting from the analysis, design, implementation and testing stages. This research produces an application that helps teachers in accelerating the processing of grade report cards. The application generates report cards which can be directly downloaded as PDF files. The test produces output that is in accordance with the input from the teacher and proves the difference in time for processing report cards for 1 student manually takes 8 minutes 43 seconds while the application is 2 minutes 14 seconds.
SISTEM INFORMASI PELAYANAN DESA (E-SERVICE) PADA DESA BABAKAN KECAMATAN DRAMAGA Hilda
Jurnal Ilmu Komputer Vol 11 No 2 (2022): Jurnal Ilmu Komputer
Publisher : STMIK Hang Tuah Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33060/JIK/2022/Vol11.Iss2.269

Abstract

Kantor desa Babakan terletak di Kecamatan Dramaga Kabupaten Bogor. Pada desa Babakan informasi dan pengumuman mengenai desa masih sulit untuk didapatkan dan juga pengolahan pelayanan pembuatan surat permohonan penerbitan E-KTP serta pembuatan surat keterangan usaha masih menggunakan metode kertas yang dimana sewaktu-waktu data bisa hilang, robek atau berceceran. Berdasarkan permasalahan diatas salah satu alternatif dari permasalahan ini yaitu dengan membuat suatu sistem informasi pelayanan desa yang dapat mempermudah dan meningkatkan efektivitas proses sistem yang berjalan saat ini untuk mempercepat dalam pencarian informasi desa dan pembuatan surat permohonan penerbitan E-KTP dan surat keterangan usaha.Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Rapid Application Development (RAD). Perancangan sistem informasi ini menggunakan bahasa pemrograman PHP, HTML, CSS dan MySQL untuk pembuatan database. Metode RAD dapat mempersingkat waktu yang diperlukan dalam siklus hidup pengembangan sistem tradisional antara perancangan dan penerapan sistem informasi. Sistem informasi pelayanan desa ini menjadi solusi terbaik dalam mempermudah masyarakat mendapatkan informasi seputar desa, pembuatan surat permohonan penerbitan E-KTP dan surat keterangan usaha, serta mempermudah aparatur desa dalam mengelola data masyarakat dalam pembuatan permohonan tersebut
RANCANG BANGUN APLIKASI PARIWISATA NIAS BARAT BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN METODE LOCATION BASED SERVICE (LBS): RANCANG BANGUN APLIKASI PARIWISATA NIAS BARAT BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN METODE LOCATION BASED SERVICE (LBS) hagi nugraha
Jurnal Ilmu Komputer Vol 11 No 2 (2022): Jurnal Ilmu Komputer
Publisher : STMIK Hang Tuah Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33060/JIK/2022/Vol11.Iss2.274

Abstract

Kabupaten Nias Barat merupakan salah satu tempat tujuan wisata di Indonesia, dimana berbagai macam wisata dapat dinikmati oleh wisatawan. Berbagai macam wisatawan datang ke Nias Barat, ada wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara. Selama ini rekomendasi tujuan wisata biasanya harga berasal dari informasi agen wisata atau paket wisata yang dijual oleh mereka. Penelitian ini menawarkan sebuah aplikasi android yang dapat memberikan informasi dan kemudahan pada wisatawan yang ingin mengunjungi tempat wisata, hotel dan kuliner dengan menggunakan metode Location Based Service. Aplikasi ini bertujuan untuk membuat suatu aplikasi wisata yang beroperasi pada platform Android dan berbasis lokasi sehingga mampu memberikan informasi dan rute menuju tempat-tempat wisata. Hasilnya Aplikasi ini dapat meningkatkan potensi wisatawan untuk datang berwisata ke Kabupaten Nias Barat dan mempermudah akses bagi wisatawan untuk menemukan informasi dan lokasi wisata, hotel dan kuliner.
PENERAPAN DATA MINING MENGGUNAKAN METODE CLUSTERING EVALUASI DATA PENJUALAN PT ASPACINDO KEDATON MOTOR: PENERAPAN DATA MINING MENGGUNAKAN METODE CLUSTERING EVALUASI DATA PENJUALAN PT ASPACINDO KEDATON MOTOR Zupri Henra Hartomi; Eka Sabna; Yulanda Yulanda; Mohd Amartha; Rifki sanjaya
Jurnal Ilmu Komputer Vol 11 No 2 (2022): Jurnal Ilmu Komputer
Publisher : STMIK Hang Tuah Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33060/JIK/2022/Vol11.Iss2.275

Abstract

Perkembangan teknologi komunikasi dari waktu kewaktu dirasakan semakin pesat, salah satunya adalah dalam usaha penjualan. PT. Aspacindo Kedaton Motor Pekanbaru merupakan usaha yang bergerak dalam bidang Penjualan sepeda motor. Dalam hal ini penginputan penjualan hanya dijadikan sebagai laporan tanpa ada pengembangan data yang lebih lanjut untuk dijadikan sebuah pengetahuan. Oleh karena itu dibutuhkan Penegeloaan Data Mining dengan motode klustering untuk mengolah data transaksi penjualan, sehingga diproleht sebuah keputusan yang dapat digunakan untuk menganalisis data penjualan. Tujuan utama dari metode clustering adalah pengelompokan sejumlah data/obyek ke dalam cluster, dimana cluster tersebut akan berisi data yang sama dengan groupnya masing-masing. Manfaatnya mempermudah analisis data yang besar dan membantu memberikan informasi data penjualan. Hasil dari penelitian ini diperoleh perbandingan daerah mana menghasilkan banyak penjualan yaitu kluster 1 pada daerah Tenayan Raya, kluster 2 pada daerah Limapuluh. Dan kluster 3 pada daerah Payung sekaki. Dari pola yang di peroleh di harapkan dapat memberi pengetahuan untuk PT. Aspacindo Kedaton Motor Pekanbaru sebagai pendukung untuk mengambil kebijakan.
CHATBOT SEBAGAI GURU VIRTUAL UNTUK MATA KULIAH DATA MINING: CHATBOT SEBAGAI GURU VIRTUAL UNTUK MATA KULIAH DATA MINING Eka Sabna
Jurnal Ilmu Komputer Vol 11 No 2 (2022): Jurnal Ilmu Komputer
Publisher : STMIK Hang Tuah Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33060/JIK/2022/Vol11.Iss2.276

Abstract

Abstract A chatbot is an application (service) that interacts with users through text conversations. Chatbots work to replace the role of humans in serving conversations through messaging applications. The chatbot that is built will be virtual assisting that will help students learn at home. Chatbots can only answer questions based on patterns that have been stored in the chatbot's knowledge base. Chatbots are automated conversational agents that interact with users using natural human language that can help anytime and anywhere. This chatbot is applied as a Virtual Teacher who can provide information and learning materials to students in Data Mining courses. Keywords: C4.5, NBC, GPA, performance, student Abstrak Chatbot merupakan aplikasi (layanan) yang berinteraksi dengan pengguna melalui percakapan teks. Chatbot bekerja untuk menggantikan peranan manusia dalam melayani pembicaraan melalui aplikasi pesan. chatbot yang dibangun akan menjadi virtual assisting yang akan membantu Mahasiswa dalam belajar dirumah. Chatbot hanya dapat menjawab pertanyaan berdasarkan pola yang telah disimpan di dalam knowledge base chatbot. Chatbot adalah agen percakapan otomatis yang berinteraksi dengan pengguna menggunakan bahasa alami manusia yang dapat membantu kapan saja dan dimana saja. Chatbot ini di aplikasikan sebagai Guru Virtual yang dapat memberikan informasi dan materi pembelajaran terhadap mahasiswa dalam matakuliah Data Mining. Kata Kunci : Chatbot, Data Mining, Virtual Teacher, Student, Learning
IMPLEMENTASI DATA MINING DENGAN ALGORITMA FP-GROWTH UNTUK MENDUKUNG STRATEGI PENJUALAN PRODUK PADA CV.SINAR HARAPAN Windri Andriyani; MARULOH
Jurnal Ilmu Komputer Vol 11 No 2 (2022): Jurnal Ilmu Komputer
Publisher : STMIK Hang Tuah Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam membangun bisnis, perusahaan CV. Sinar Harapan yang menyediakan produk alat rumah tangga tidak luput untuk menggunakan teknologi informasi dan guna mendukung kelancaran penjualan produk-produk alat rumah tangga. Dalam proses pemasaran CV. Sinar Harapan belum efektif dengan tidak adanya Analisa produk penjualan diduga menjadi salah satu faktor menurunnya volume penjualan pada CV. Sinar Harapan. Hasil penelitian ini didapatkan jumlah aturan asosiasi sebanyak 21 rule dengan support terendah adalah 0,20(20%) dan tertinggi 0,50(50%), sedangkan confidence terendah adalah 0,66(66%) dan tertinggi adalah 100%. Dapat diperoleh hasil aturan asosiasi dan frequet itemset. bahwa yang menjadi frequent itemset adalah kombinasi item Frypan Enamel Wama M-238 dengan Fast Food Kaca. Dengan menghasilkan nilai support 0.31 atau 31%, sedangkan nilai confidence sebesar 1 atau 100%. Keywords: FP-Growth, Penjualan, Metode Asosiasi
Jurnal ANALISIS DAN PENGUKURAN KETERCAPAIAN PEMBELAJARAN ROBOT CALISTUNG PADA ANAK USIA DINI (STUDI KASUS DI TK BUSTANUL ULUM PEKANBARU): ANALISIS DAN PENGUKURAN KETERCAPAIAN PEMBELAJARAN ROBOT CALISTUNG PADA ANAK USIA DINI (STUDI KASUS DI TK BUSTANUL ULUM PEKANBARU) Uci Rahmalisa; Akhmad Zulkifli
Jurnal Ilmu Komputer Vol 11 No 2 (2022): Jurnal Ilmu Komputer
Publisher : STMIK Hang Tuah Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33060/JIK/2022/Vol11.Iss2.278

Abstract

Penelitian ini merupakan turunan dari Riset Keilmuan LPDP yang lulus pada tahun 2022 yang penulis ikuti dan produk yang dihasilkan adalah Robot Pembelajaran Ringkas, yang disebut sebagai BELANGKAS. Permasalahan yang terdapat pada penelitian ini akan dilakukan perhitungan kuesioner untuk menghitung kepuasan pelanggan terhadap Robot Belangkas (Belajar Ringkas), Belum mengetahui efektifitas ataupun ketercapaian pembelajaran Calistung (Membaca, Menulis dan Menghitung) pada anak usia dini terhadap Robot Belangkas. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisa dan mengukur ketercapaian dari implementasi Robot Belangkas dalam proses pembelajaran calistung pada anak usia dini, sehingga dapat berfungsi sebagai media dalam memudahkan siswa dalam memahami pembelajaran menulis, membaca dan menghitung. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik acak dengan menyebarkan koesioner kepada Guru dan Siswa-siswi di TK Bustanul Ulum Pekanbaru dengan responden sebanyak 21 orang, kemudian dilakukan perhitungan menggunakan sebuah aplikasi yaitu SPSS (Statistika Product and Service Solution) 21. Metode Korelasional adalah suatu penelitian untuk mengetahui hubungan dan tingkat hubungan antara dua variabel atau lebih tanpa ada upaya untuk mempengaruhi variabel tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan korelasional yang menghubungkan antara variabel Media Pembelajaran dan variabel Ketercapaian Pembelajaran pada siswa dan guru di TK Bustanul Ulum Pekanbaru. Maka hasil dan kesimpulan dari penelitian ini terdapat hubungan yang signifikan antara media pembelajaran dengan ketercapian pembelajaran sebesar 85%. Artinya semakin banyak Media Pembelajaran maka semakin Tinggi Ketercapaian Pembelajaran pada TK Bustanul Ulum Pekanbaru.
Jurnal PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI AKADEMIK DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU BUSTANUL ULUM PEKANBARU BERBASIS WEB: PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI AKADEMIK DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU BUSTANUL ULUM PEKANBARU BERBASIS WEB Uci Rahmalisa
Jurnal Ilmu Komputer Vol 11 No 2 (2022): Jurnal Ilmu Komputer
Publisher : STMIK Hang Tuah Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33060/JIK/2022/Vol11.Iss2.279

Abstract

Sekolah sebagai suatu instansi di bidang pendidikan banyak melakukan pengolahan data baik data siswa, guru, jadwal pelajaran, mata pelajaran, kelas maupun data nilai pelajaran. Datadata tersebut dalam jumlah yang besar sehingga penyimpanan dan pengadministrasian harus dilakukan dengan baik. Dalam pengolahan data akademik kebanyakan sekolah menggunakan sistem pengolahan secara manual yaitu data yang ada berupa setumpuk kertas atau rekam yang disimpan dalam rak. Sistem tersebut tentu saja mempunyai banyak kelemahan yang implikasinya adalah lemahnya administrasi, pemborosan tenaga, penyajian yang buruk, pelayanan yang kurang optimal, dan kualitas data yang rendah. Permasalahan yang dibahas adalah bagaimana langkah-langkah pembuatan Sistem Informasi Akadimik yang tepat untuk SDIT Bustanul Ulum menggunakan PHP dan MySQL. Metode kegiatan dilakukan dengan mengumpulkan data baik dengan metode waterfal, observasi, wawancara, dan selanjutnya dilakukan perancangan program. Metode ini merupakan usaha untuk mendapatkan penyelesaian dari permasalahan Sistem Informasi Akademi. Sistem informasi akademik dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP (Hypertext Preprocessor) serta menggunakan database MySQL. Sistem informasi yang dibuat memiliki 3 user, yaitu siswa, guru dan admin. Keberadaan komputer yang tersedia saat ini diharapkan dapat dimanfaatkan secara maksimal agar dapat mempermudah pengelolaan sistem akademik dan semua pemrosesan data seperti pencarian, tambah, edit, hapus, pembuatan laporan dapat dilakukan dengan komputer sehingga meminimalisir kesalahan data.
ROBOT PEMINDAH BENDA DENGAN KENDALI JOYSTICK PS2 WIRELESS BERBASIS WEMOS Haris Tri Saputra; Abdi Muhaimin
Jurnal Ilmu Komputer Vol 11 No 2 (2022): Jurnal Ilmu Komputer
Publisher : STMIK Hang Tuah Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33060/JIK/2022/Vol11.Iss2.280

Abstract

Robot adalah seperangkat alat mekanik yang bisa melakukan tugas fisik, baik dengan pengawasan dan kontrol manusia, ataupun menggunakan program yang telah didefinisikan terlebih dahulu (kecerdasan buatan). Robot yang dibuat pada penelitian ini berfungsi untuk memindahkan benda dengan objek berbentuk koin persegi yang terbuat dari Styrofoam dengan kendali menggunakan Joystick PS2 Wireless. Robot ini dibuat menggunakan komponen-komponen seperti Motor DC, Wemos D1 R1, Motor Servo, dan Joystick PS2 Wireless. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat mempermudah pekerjaan manusia dalam memindahkan benda.
Aplikasi Buku Tamu Undangan dengan Menerapkan QR Code Berbasis Web di Wedding Reception Donys Pelaminan Yulisman Yulisman; Helen Juliani; Abdi Muhaimin; Akhmad Zulkifli
Jurnal Ilmu Komputer Vol 11 No 2 (2022): Jurnal Ilmu Komputer
Publisher : STMIK Hang Tuah Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33060/JIK/2022/Vol11.Iss2.281

Abstract

Abstract Recording invited guests in registering guests is one of the potential physical contacts that can increase the spread of the virus, especially Covid-19, whether it is at wedding receptions, aqiqah, or counseling events, where guests write attendance data in a limited guest book using a pen that each other and cause queues. Therefore, researchers conducted research by creating a web-based online guest book which is expected to help reduce physical contact between invited guests who are present when the queue is filling out the guest book and those who hold an event are also easy to mark the presence of invited invited guests. This online guestbook application is built on a web-based basis and applies qr code technology using the PHP Native programming language. This application is designed using UML, and the database is MySQL, as well as for the testing method used the blackbox testing method. The application was successful in testing and implementation, where the results were that the application could help the invited guests in filling out the guest book, no need to write names manually, only by bringing a smartphone/mobile phone to scan the qr code the invited guests were able to fill in the guest book. The application can minimize the occurrence of physical contact between invited guests which can reduce the spread of the Covid-19 virus. Keywords: Guestbook Application, QR Code, PHP Native, Invitation, Web, Wedding Reception Abstrak Pencatatan tamu undangan dalam mendata tamu merupakan salah satu potensi kontak fisik yang bisa meningkatkan penyebaran virus terutama Covid-19, baik itu pada pelaksanaan resepsi pernikahan, aqiqah, maupun acara penyuluhan, dimana para tamu menulis data kehadiran di buku tamu yang terbatas dengan menggunakan pena yang saling bergantian dan menyebabkan antrian. Maka dari itu peneliti melakukan peneltian dengan membuat buku tamu online berbasis web yang diharapkan dapat membantu mengurangi kontak fisik antara tamu undangan yang hadir ketika antrian dalam mengisi buku tamu dan yang mengadakan suatu acara juga mudah dalam menandai kehadiran tamu undangan yang diundang. Aplikasi buku tamu online ini dibangun berbasis web dan menerapkan teknologi qr code menggunakan Bahasa pemrograman PHP Native. Aplikasi ini dirancang menggunakan UML, dan basis data nya adalah MySQL, serta untuk metode pengujian yang digunakan metode blackbox testing. Aplikasi sukses dalam pengujian dan penerapannya, dimana hasilnya aplikasi dapat membantu para tamu udangan dalam mengisi buku tamu tidak perlu menulis nama secara manual, hanya dengan membawa smartphone/handphone untuk scan qr code tamu undangan sudah bisa mengisi buku tamu. Aplikasi dapat meminimalisir terjadinya kontak fisik antara para tamu undangan yang dapat mengurangi penyebaran virus Covid-19. Kata Kunci : Aplikasi Buku Tamu, QR Code, PHPNative, Undangan, Web, Wedding Reception

Page 1 of 2 | Total Record : 11